Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Budi Pekerti
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
- Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
- Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
- Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
- Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh,
melengkapi, dan menyalin.
- Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari.
7. Basa Jawa :
- Mampu amengungkapkan fikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan, (ngawanohken ) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar peristiwa..
- Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teka) berupa kata-kata lpas, kalimat lepas, serta wacana pendek.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
- Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
- Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
3. PKN :
- Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
- Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
- Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek,
panjang ) dan membandingkannya.
- Bahasa Indonesia :
- Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
- Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
- Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
- Seni Budaya dan Keterampilan :
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
- Basa Jawa :
- Menyampaikan permintaan ijin dengan bahasa lisan.
- Membaca kalimat lepas dua kata..
- Menyampaikan permintaan ijin dengan bahasa lisan.
Indikator :
- IPS :
- Memberi contoh kemajemukan keluarga (jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
- Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .
- Memberi contoh kemajemukan keluarga (jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
- IPA :
- Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
- Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
- Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
- Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
- PKN :
- Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
- Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.
- Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
- Matematika :
- Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
- Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
- Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang
- Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
- Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih pendek
- Mengenal jarak dekat dan jauh.
- Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
- Bahasa Indonesia.
- Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
- Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
- Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
- Membaca nyaring ( didengar siswa )
- Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
- Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
- Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
- Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
- Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
- Seni Budaya dan Keterampilan. :
- Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
- Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
- Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. ( internal ).
- Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
7. Bahasa jawa :
- Menyampaikan permintaan izin dengan bahasa lisan yang santun.
- Membedakan bahasa yang disampaikan kepada teman, orang lain, dan orang yang lebih tua.
- Membaca kalimat yang terdiri dari dua kata dengan menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
- Menjelaskan arti dari kata
- Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
- Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
- Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
- Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor
- Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
- Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan lama dan sebentar.
- Siswa dapat menyebutkan, membandingkan, panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
- Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
- Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
- Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
- Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
- Siswa dapat membaca nyaring.
- Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
- Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
- Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
- Siswa dapat melengkapi kalimat yang belem sempurna yang sesuai dengan gambar.
- Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
- Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
- Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.
- Siswa dapat menyampaikan permintaan ijin dengan bahasa lisan yang santun.
- Siswa dapat membaca kalimat yang terdiri dari dua kata .
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
- Hidup rukun dalam kemajemuka keluarga.
- Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.
- Hidup rukun dalam perbedaan.
- Satuan pengukuran.
- Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
- Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
- Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
- Gambar sederhana.
- Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan
- Kalimat permintaan ijin.
- Kalimat sederhana.
III. Metoda Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi.
- Tanya jawab.
- Demontrasi.
- Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
- Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
- Mengumpulkan tugas/ PR
- Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa menjelaskan lingkungan sekolah termasuk lingkungan sehat atau tidak sehat.
- Mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat.
- Mengemukakan ciri –ciri lingkungan tidak sehat.
- Mendiskusikan manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat dan tidak sehat.
- Melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi.
- Setelah mendengarkan penjelasan guru dan mengingat kembali pengalaman, siswa menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap saling menghargai perbedaan masing-masing.
- Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang menggambarkan kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
- Menyebutkan beberapa contoh peristiwa yang diakibatkan dari tidak menjaga kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa membedakan kegiatan yang termasuk kategori lama dan sebentar.
- Mengelompokkan kegiatan yang termasuk lama.
- Menyusun kegiatan yang termasuk lama.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
- Dengan menyimak siswa dapat melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
- Melalui permainan bisik-bisik, siswa dapat melakukan pesan / permintaan guru.
- Guru menyampaikan pesan dengan kalimat perintah yang dapat dilakukan siswa.
- Melalui pengamatan pada foto keluarga besar dan penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
- Menjelaskan kemajemukan keluarga sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
- Kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan hidup.
- Mengisi LKS yang mencari data tentang kemajemukan keuarga.
- Melalui pengamatan siswa menyebutkan kegiatan yang termasuk kategori sebentar.
- Mengelompokkan kegiatan yang termasuk sebentar.
- Menyusun kegiatan yang termasuk sebentar
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- Mendengarkan dongeng dengan sungguh-sungguh.
- Menjelaskan isi dongeng dengan bahasa sendiri dan menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
- Melalui pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjangnya suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
- Melakukan perkiraan panjang benda .
- Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
- Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- Siswa secara berkelompok memperagakan tokoh dalam dongeng, sesuai jalan ceritanya di depan kelas.
- Memberikan pendapat tentang penampilan teman-temannya.
- Melalui pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
- Melakukan perkiraan panjang benda .
- Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
- Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
- Membandingkan beberapa benda milik siswa yang dapat diperkirakan panjangnya.
- Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
- Melalui peragaan siswa menirukan kalimat permohonan ijin ke kamar kecil, meminjam alat tulis, tidak masuk sekolah dll.
- Membedakan bahasa yang disampaikan bila permohonan ijin kepada orang tua atau orang yang lebih tua usianya.
- Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan cara dan bahasa yang santun.
- Membandingkan beberapa benda yang berada di luar kelas yang dapat diperkirakan panjangnya.
- Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
- Membuat kesimpulan tentang sifat dari tokoh dongeng yang baik untuk ditiru.
- Membaca nyaring suku kata dan kata yang masih berhubungan dengan dongeng yang dibacakan guru.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
- Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan - gerakan tari dalam posisi duduk yang meniru gerakan tumbuhan.
- Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi jongkok yang meniru gerakan binatang.
- Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi berdiri yang meniru gerakan binatang.
- Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam gabungan posisi duduk, jongkok dan berdiri yang meniru gerakan tumbuhan dan binatang secara berkelompok.
- Membaca nyaring kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Membaca kalimat yang ditulis di papan tulis. Dengan suara nyaring.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa mendiskusikan secara sederhana hal-hal yang dapat merusak kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh pada kesehatan pribadi.
- Menyebutkan bahwa air kotor, asap pabrik,asap kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah merupakan kondisi lingkungan yang tidak baik bagi kesehatan.
- Melalui pengamatan, penjelasan dan pengalaman, siswa menjelaskan kedudukan manusia sama dalam keluarga maupun di sekolah dan di masyarakat.
- Menyebutkan hak dan kewajiban kita sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
- Menjelaskan sikap membeda-bedakan berarti berlaku tidak adil, tidak sesuai dengan pengamalan pancasila.
- Menyebukan sikap yang baik dalam menjungjung keadilan.
- Membandingkan beberapa benda bawaan dari rumah yang dapat diperkirakan panjangnya
- Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
- Menjiplak bentuk huruf dan gambar yang ad dalam buku
- Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
- Melalui penjelasan guru siswa termotivasi untuk menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam menjaga kerukunan hidup dalam lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
- Menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dapat menjaga kerukunan di sekolah.
- Setelah melakukan percobaan siswa mengisi lembar kerja untuk mencatat fakta panjang benda yang ada di sekitar siswa.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- Menuliskan kalimat yang didiktekanb dengan tulisan lepas.
- Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
- Melalui pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru , siswa membedakan keadaan jarak dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu dekat dan jauh.
- Menyebutkan contoh-contoh dari jarak jauh.
- Menyebutkan contoh-contoh dari jarak dekat.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- Menyalin kalimat dari buku ke dalam buku tulis sendiri.
- Menyalin dwengan bentuk furuf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
- Melalui percobaan dan pencarian fakta siswa menyusun kategori suatu jarak, termasuk jauh atau dekat jarak suatu tempat.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
- Mengamati kalimat yang ditulis di papan tulis.
- Membaca nyaring kalimat yang terdiri dari dua kata lepas.
- Membaca dengan cara indifidual dan klasikal dengan pelafalan yang benar.
- Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai untuk menjelaskan gambar.
- Menceritakan pengalaman yang pernah dialami dalam menempuh perjalanan yang termasuk kategori jauh.
- Menceritakan pengalaman yang pernah dialami dalam menempuh perjalanan yang termasuk kategori dekat.
- Membandingkan jantara jarak tempat yang jauh dan dekat.
- Mengamati gambar yang menceritakan suasana di kelas.
- Menceritakan isi dari gambar tersebut.
- Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
- Melalui peragaan dan latihan siswa melakukan gerakan-gerakan tari dengan mengikuti pola lantai
- Melakukan gerakan tari dengan pola lantai I, L, dan U.
- Melakukan gerakan tari dengan pola lantai kombinasi antara pola lantai I,L dan U
- Melakukan gerakan tari dengan iringan petik jari dan tepuk tangan.
- Mengamati gambar yang menceritakan suasana di pedesaan
- Menceritakan isi dari gambar tersebut.
- Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
C. Kegiatan akhir
- Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
- Mengerjakan post tes
- Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
- Alat Peraga:
- Alat Peraga:
- Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat..
- Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
- Kartu huruf, kartu kata, kalimat
- aneka benda untuk perbandingan panjang ( lidi, pensil, tali sepatu, pita, dll.).
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
VI. Penilaian
Teknik Tes :
- Tes lisan.
- Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
- Ketepatan jawaban.
- Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
- Tes tertulis
- pilihan ganda
- isian.
- pilihan ganda
- Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
- Objektif tes
- Non Objektif tes
Instrument Tes :
- LKS
- Lmbar observasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar