Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran (6)
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda
3. PKN : Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
- Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
- Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
- Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
- Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
- Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari
- Basa Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar bercerita.
1. IPS :
- Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
- Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
- Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.3. PKN :
- Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah4. Matematika :
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
- Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan kerucut )
- Bahasa Indonesia :
- Membedakan bunyi bahasa.
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
- Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
- Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat.
- Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
- Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
- Seni Budaya dan Keterampilan :
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan
- Bahasa Jawa :
- Menulis atau menyalin huruf lepas
- Menulis kata dwisuku
- IPS :
- Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
- Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
- IPA :
- Merawat tanaman atau hewan peliharaan
- Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
- Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
- PKN :
- Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
- Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib
- Matematika :
- Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
- Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.
- Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
- Bahasa Indonesia :
- Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
- Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
- Menjelaskan cara permainan dilakukan.
- Bercerita berdasarkan gambar
- Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
- Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
- Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
- Membuat kalimat berdasarkan gambar.
- Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
- Seni Budaya dan Keterampilan. :
- Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
- Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan
- Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
- Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan.
- Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung.
- Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
- Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
- Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun.
- Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
- Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
- Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
- Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Siswa dapat menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya.
- Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
- Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
- Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
- Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
- Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
- Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
- Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
- Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
- Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
- Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
- Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
- Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
- Siswa dapat menulis vokal e, e` dan eu yang digabung dengan konsonan yang sama maupun yang berbeda.
- Siswa dapat menuliskan kata yang dibangun dari dua suku kata. ( kecap dwisusku)
- Peristiwa masa kecil
- Hidup rukun dalam perbedaan.
- Oprasi hitung bilangan.
- Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
- Pelafalan bunyi bahasa
- Kalimat sapaan
- Membaca kata dan kalimat.
- Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
- Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
- Gambar barang budaya/ alami.
- Ceramah
- Diskusi.
- Tanya jawab.
- Demontrasi.
- Pemberian tugas.
A. Kegiatan awal :
- Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
- Mengumpulkan tugas/ PR
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan peliharaan.
- Menjelaskan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
- Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
- Menyebutkan manfaat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
- Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
- Melalui penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua di rumah.
- Menyebutkan beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
- Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
- Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal pengukuran dengan satuan tak baku.
- Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku jengkal.
- Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.
- Melalui penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan menerima pesan yang disampaikan guru.
- Menyimak pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
- Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
- Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan pengalaman tentang hidup rukun.
- Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
- Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
- Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
- Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
- Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
- Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
- Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
- Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
- Menjelaskan cara permainan dilakukan.
- Bercerita berdasarkan gambar
- Mengukur benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
- Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
- Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
- Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
- Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
- Mengukur benda dengan satuan tak baku hasta.
- Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
- Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
- Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan yang berbeda..
- Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung
- Melakukan pengukuran benda/ tempat dengan menggunakan satuan tak baku depa.
- Mencatatnya dengan cermat sebagai bahan laporan.
- Memperhatikan bentuk huruf yang akan dipelajari.( w,c,s )
- Menjiplak berbagai bentuk huruf, terutama huruf yang sedang dipelajari.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
Indonesia)
- Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan alat musik perkusi.
- Menyebutkan alat musik perkusi yang dapat mengiringi tarian.
- Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
- Meeragakan gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
- Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta tentang sifat benda, bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran benda berbeda ada yang kecil dan besar
- Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau dan permukaan benda.
- Melaporkan hasil diskusi.
- Menjelaskan akibat dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
- Menyebutkan contoh lain dari tata tertib ( tata tertib di jalan raya)
- Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
- Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan telapak kaki.
- Mencatat hasil perbandingan.
- Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
- Melalui pengalaman siswa menyebutkan contoh dari hidup rukun dan tidak rukun.
- Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
- Mendiskusikan sikap yang baik agar terjaga kerukunan.
- Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
- Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan depa.
- Mencatat hasil perbandingan
- Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
- Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
- Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah )
- Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan langkah
- Mencatat hasil perbandingan
- Mengamati gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang ada di dalam majalah.
- Menceritakan isi cerita di balik gambar.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
- Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
- Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan hasta.
- Mencatat hasil perbandingan
- Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
- Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
- Mengukur satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
- Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan hastal dan depa.
- Mencatat hasil perbandingan
- Menyusun perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
- Menemukan fakta cara mana yang lebih mudah dan sering digunakan.
- Membuat kesimpulan tentang pengukuran dengan menggunakan satuan tak baku.
- Memperhatikan gambar yang diambil dari majalah anak-anak
- Menceritakan secara sederhana cerita dalam gambar.
- Membuat kalimat berdasarkan gambar
Indonesia)
- Melalui latihan dan memeragakan siswa dapat memilih gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
- Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
- Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan intonasi dan lafal yang baik.
- Membacakan puisi yang ditulis di papan tulis.
- Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
- Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
- Mengerjakan post tes
- Pemberian PR / tugas
Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
- tambang, tali, pita, lidi,
- Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
- Kartu huruf
- Kartu bilangan.
- Penilaian
- Tes lisan.
- Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
- Ketepatan jawaban.
- Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
- Tes tertulis
- pilihan ganda
- isian.
- Tes perbuatan.
- Objektif tes
- Non Objektif tes
- LKS
- Lmbar observasi.Mengetahui, ......................, ............... 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Tematik
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar