Selasa, 17 Agustus 2010

RPP Tematik Kelas 1 sem 1 Kegemaran


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran (6)
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu

 
Standar Kompetensi :
1. IPS     : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.    
2. IPA : Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda
3. PKN     : Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
  • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
  • Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
  • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
  • Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
  • Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari
Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.
  • Basa Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar bercerita.
Kompetensi Dasar :
    1. IPS :
  • Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
  • Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
  • Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.
    3. PKN :
  • Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
    4. Matematika :

    • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
    • Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan kerucut )
    • Bahasa Indonesia :
      • Membedakan bunyi bahasa.
      • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
      • Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
      • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat.
      • Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
      • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
      • Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
      • Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
    • Seni Budaya dan Keterampilan :
      • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan
     tinggi rendah.
  • Bahasa Jawa :
    • Menulis atau menyalin huruf lepas
    • Menulis kata dwisuku
Indikator :
  • IPS :
    • Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
    • Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
  • IPA :
    • Merawat tanaman atau hewan peliharaan
    • Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
    • Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
  • PKN :
    • Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
    • Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
    • Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib
  • Matematika :
    • Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
    • Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.
    • Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
  • Bahasa Indonesia :
    • Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
    • Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
    • Menjelaskan cara permainan dilakukan.
    • Bercerita berdasarkan gambar
    • Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
    • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
    • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    • Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
    • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
    • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
    • Membuat kalimat berdasarkan gambar.
    • Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
  • Seni Budaya dan Keterampilan. :
    • Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
    • Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan
7. Bahasa Jawa :
  • Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
  • Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan.
  • Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung.
  • Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
  • Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
I.     Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun.
  • Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
  • Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
  • Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya.
  • Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
  • Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
  • Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
  • Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
  • Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
  • Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
  • Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
  • Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
  • Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
  • Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
  • Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
  • Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
  • Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
  • Siswa dapat menulis vokal e, e` dan eu yang digabung dengan konsonan yang sama maupun yang berbeda.
  • Siswa dapat menuliskan kata yang dibangun dari dua suku kata. ( kecap dwisusku)
II.     Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
  • Peristiwa masa kecil
  • Hidup rukun dalam perbedaan.
  • Oprasi hitung bilangan.
  • Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
  • Pelafalan bunyi bahasa
  • Kalimat sapaan
  • Membaca kata dan kalimat.
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
  • Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
  • Gambar barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran :
  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.    Kegiatan awal :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B.     Kegiatan inti :
    Minggu ke 1
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menjelaskan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menyebutkan manfaat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Melalui penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua di rumah.
  • Menyebutkan beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
  • Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
  • Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal pengukuran dengan satuan tak baku.
  • Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku jengkal.
  • Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Melalui penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan menerima pesan yang disampaikan guru.
  • Menyimak pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
  • Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
  • Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan pengalaman tentang hidup rukun.
  • Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
  • Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
  • Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
  • Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
  • Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
  • Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
  • Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
  • Menjelaskan cara permainan dilakukan.
  • Bercerita berdasarkan gambar
  • Mengukur benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
  • Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
  • Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
  • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
  • Mengukur benda dengan satuan tak baku hasta.
  • Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
  • Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan yang berbeda..
  • Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung
  • Melakukan pengukuran benda/ tempat dengan menggunakan satuan tak baku depa.
  • Mencatatnya dengan cermat sebagai bahan laporan.
  • Memperhatikan bentuk huruf yang akan dipelajari.( w,c,s )
  • Menjiplak berbagai bentuk huruf, terutama huruf yang sedang dipelajari.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan alat musik perkusi.
  • Menyebutkan alat musik perkusi yang dapat mengiringi tarian.
  • Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
  • Meeragakan gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
Minggu ke 2
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta tentang sifat benda, bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran benda berbeda ada yang kecil dan besar
  • Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau dan permukaan benda.
  • Melaporkan hasil diskusi.
Menjelaskan manfaat mematuhi peraturan di sekolah.
  • Menjelaskan akibat dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
  • Menyebutkan contoh lain dari tata tertib ( tata tertib di jalan raya)
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan telapak kaki.
  • Mencatat hasil perbandingan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
  • Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
  • Melalui pengalaman siswa menyebutkan contoh dari hidup rukun dan tidak rukun.
  • Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
  • Mendiskusikan sikap yang baik agar terjaga kerukunan.
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan depa.
  • Mencatat hasil perbandingan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
  • Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan langkah
  • Mencatat hasil perbandingan
    Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Mengamati gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang ada di dalam majalah.
  • Menceritakan isi cerita di balik gambar.
  • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan hasta.
  • Mencatat hasil perbandingan
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
  • Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan hastal dan depa.
  • Mencatat hasil perbandingan
  • Menyusun perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
  • Menemukan fakta cara mana yang lebih mudah dan sering digunakan.
  • Membuat kesimpulan tentang pengukuran dengan menggunakan satuan tak baku.
  • Memperhatikan gambar yang diambil dari majalah anak-anak
  • Menceritakan secara sederhana cerita dalam gambar.
  • Membuat kalimat berdasarkan gambar
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui latihan dan memeragakan siswa dapat memilih gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
  • Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
    • Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan intonasi dan lafal yang baik.
    • Membacakan puisi yang ditulis di papan tulis.
    • Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
C.    Kegiatan akhir
  • Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
  • Mengerjakan post tes
  • Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
  • Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
  • Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
  • Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
  • Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
  • Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga :
  1. tambang, tali, pita, lidi,
  2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
  3. Kartu huruf
  4. Kartu bilangan.
  1. Penilaian
Teknik Tes :
  • Tes lisan.
  1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
  2. Ketepatan jawaban.
  3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
  • Tes tertulis
    • pilihan ganda
    • isian.
  • Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
  1. Objektif tes
  2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
  • LKS
  • Lmbar observasi.
    Mengetahui,      ......................, ............... 2009
Kepala Sekolah                  Guru Mata Pelajaran Tematik

 
_______________________          _______________________
NIP.                              NIP.

 

Tidak ada komentar: