Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Lingkungan
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
- Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yangdilisankan.
- Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
- Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
- Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
- Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.
- Bahasa Jawa : Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman) permintaan ijin, perkenalan ( ngawanohken ) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar berita.
1. IPS :
- Menceritakan pengalaman.
- Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
- Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
- Membedakan bunyi bahasa.
- Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
- Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
- Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Seni Budaya dan Keterampilan :
- Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
- Bahasa Jawa :
- Menyebutkan berbagai jenis gambar benda
- IPS :
- Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
- Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
- Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar.
- IPA :
- Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
- Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
- Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baikuntuk tumbuh sehat.
- PKN :
- Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya
- Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
- Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
- Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.
- Matematika :
- Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalamkalimat sehari-hari.
- Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitungsampai 20
- Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
- Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
- Bahasa Indonesia :
- .Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.
- Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
- Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tuadengan bahasa dan cara yang santun.
- Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dankalimat sederhana
- Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
- Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis denganbenar.
- Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis gurudan menyalinnya pada buku sendiri..
- Seni Budaya dan Keterampilan. :
- Menentukan sumber bunyi.
- Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
- Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
- Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan7. Bahasa Jawa :
- Menunjukkan nama benda karya manusia
- Menunjukkan nama benda ciptaan Tuhan.
- Menyebutkan kegunaan benda.
- Menyebutkan fungsi anggota tubuh.
- Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
- Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah..
- Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat..
- Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
- Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama yang diakui di Indonesia.
- Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
- Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
- Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
- Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
- Siswa dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
- Siswa dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
- Siswa dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
- Siswa dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
- Siswa dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin huruf, gambar, dan kalimat.
- Siswa dapat menentukan sumber bunyi
- Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
- Siswa membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
- Siswa dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan benda.
- Siswa dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh.
- Peristiwa masa kecil
- Hidup rukun dalam perbedaan.
- Oprasi hitung bilangan.
- Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
- Pelafalan bunyi bahasa
- Kalimat sapaan
- Membaca kata dan kalimat.
- Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
- Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
- Gambar barang budaya/ alami.
- Ceramah
- Diskusi.
- Tanya jawab.
- Demontrasi.
- Pemberian tugas.
A. Kegiatan awal :
- Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
- Mengumpulkan tugas/ PR
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Mengamati model/ gambar makanan sehat, menyebutkan jenis makanan yang dapatmenyehatkan tubuh.
- Mengelompokkan jenis makanan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
- Menyebutkan jenis air yang baik untuk kesehatan tubuh.
- Mengamati lingkungan sekitar untuk mendiskusikan pentingnya air, pakaian, udara,dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
- Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
- Menyebutkan nama agama yang sesuai dengan tempat ibadah yang ditunjuk
- Menceritakan kegiatan keagamaan yang pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
- Mendiskusikan kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia.
- Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
- Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
- Melalui pendengaran yang cermat menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
- Menirukan susra yang didengar, dan menyebutkan jenis suara yang didengar.
- Menirukan susra binatang, kendaraan, dan suara alam.
- Mendengarkan penjelasan guru tentang peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil bisa diceritakan kembali kepada orang lain, sebagai pengalaman.
- Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari orang tua atau orang lain
- Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman orang lain.
- Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kalimat
- Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
- Melalui pengalaman dan pengamatan dapat membedakan suara buatan dan suara alami.
- Menyebutkan suara –suara alami yang pernah didengar
- Menyebutkan suara-suara buatan yang pernah didengar
- Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
- Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
- Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menciptakan jenis suara yang baru.
- Bermain bunyi , membuat kelompok , setiapa kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami yang pernag didengar.
- Mencari hasil penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
- Membuat kalimat matematika melalui pengamatan lingkungan kelas.
- Melalui pengamatan lingkunga sekitar, siswa menyebutkan benda hasil karya manusia.
- Melalui pengamatan dan pengalaman, siswa menyebutkan ciptaan Tuhan.
- Mengelompokkan benda hasil karya manusia dan ciptaan Tuhan dengan cara mengerjakan Lembar Kerja.
- Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
- Melakukan pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul ( - ) dan ( = )
- Melalui penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa teman dengan cara yang baik dan bahasa yang santun.
- Menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
Indonesia)
- Mendengarkan penjelasan guru tentang sumber bunyi.
- Melakukan gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik menggunakan alat sederhan maupun menggunakan anggota tubuh.
- Melalui pengamatan dan pengalaman siswa mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu bunyi alam dan bunyi buatan.
- Menjelaskan bunyi alam adalah bunyi yang dihasilkan oleh alam, contohnya suara air mengalir, angin bertiup, suara guntur , suara ombak dll.
- Menjelaskan bunyi buatan yaitu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia, contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara,bertepuk, memetik jari.
- Memeragakan menyapa oarng tua, guru dan orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun dan cara yang baik secara individual.
- Mengajukan pendapat atas peragaan temannya untuk perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui percobaan tentang air di lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air yang dapat menyehtkan dan tidak menyehatkan.
- Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak sehat.
- Melalui diskusi sederhana siswa menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada kesehatan manusia.
- Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di Indonesia.
- Melalui Lembar Kerja siswa mencari informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
- Menyelesaikan soal latihan untuk penjumlahan.
- Mengerjakan soal penjumlahan di papan tulis.
- Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
- Dengan bantuan guru siswa menyusun naskah percakapan sapaan yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang santun.
- Memperagakan naskah percapan sapaan tersebut di depan kelas.
- Melalui penjelasan guru sebagai motivasi, siswa dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar , dan menceritakan peristiwa/ pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
- Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
- Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
- Mengamati kartu huruf
a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l yang diperlihatkanguru.
- Melalui penggunaan kartu huruf , siswa dapat menyusun kata sederhana.
- Membaca susunan kartu huruf tersebut dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
- Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat sederhana.
- Membaca kalimat tersebut dengan suara nyaring dan pelafalan yang benar.
- Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
- Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
- Melalui Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata atau gambar dengan posisi duduk dan pemegangan alat tulis yang benar.
- Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan sampai dengan 20
- Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
- Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
- Setelah menyebutkan benda-benda ciptaan manusia dan ciptaan Tuhan, siswa menjelaskan kegunaan setiap benda hasil karya manusia ( meja, korsi, peso, bedog, dll )
- Melalui pengamatan, pengalaman dan penjelasan guru, siswa menjelaskan fungsi anggota tubuh ( sirah paranti nyuhun, panon paranti ningal, dll)
- Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
- Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
- Mengamati bentuk huruf dari papan tulis, lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas.
- Menuliskan kata yang dibentuk dari huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
- Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di papan tulis ke dalam buku tulis sendiri.
Indonesia)
- Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
- Membedakan keras dan pelan suatu bunyi ( dinamik).
- Menuliskan kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata yang didiktekan guru.
- Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
- Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan tegak bersambung.
- Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
- Mengerjakan post tes
- Pemberian PR / tugas
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
- Alat Peraga :
- Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
- Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
- Kartu huruf
- Kartu bilangan.
- Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
- rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
- Sampel air bersih dan tidak bersih.
Teknik Tes :
- Tes lisan.
- Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
- Ketepatan jawaban.
- Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
- Tes tertulis
- pilihan ganda
- isian.
- Tes perbuatan.
- Objektif tes
- Non Objektif tes
- LKS
- Lmbar observasi.Mengetahui, ....................., ............... 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Tematik
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar