Selasa, 17 Agustus 2010

RPP Tematik Kelas 1 sem 1 Lingkungan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Lingkungan
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu

 
Standar Kompetensi :
1. IPS     : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.    
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN     : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
  • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
    dilisankan.
  • Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
  • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
  • Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
  • Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.
  • Bahasa Jawa : Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman) permintaan ijin, perkenalan ( ngawanohken ) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar berita.
Kompetensi Dasar :

    1. IPS :
  • Menceritakan pengalaman.
2. IPA :
  • Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3. PKN :
  • Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
  • Membedakan bunyi bahasa.
  • Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
  • Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
  • Seni Budaya dan Keterampilan :
    • Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
  • Bahasa Jawa :
    • Menyebutkan berbagai jenis gambar benda
Indikator :

  • IPS :
  • Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
  • Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
  • Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar.
  • IPA :
  • Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
  • Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
tumbuh sehat.
  • Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
    untuk tumbuh sehat.
  • PKN :
  • Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya
  • Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
  • Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
  • Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.
  • Matematika :
  • Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam
    kalimat sehari-hari.
  • Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
    sampai 20
  • Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
  • Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
  • Bahasa Indonesia :
  • .Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.
  • Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
  • Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua
    dengan bahasa dan cara yang santun.
  • Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
    kalimat sederhana
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
  • Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan
    benar.
  • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
    dan menyalinnya pada buku sendiri..
  • Seni Budaya dan Keterampilan. :
  • Menentukan sumber bunyi.
  • Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
  • Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
  • Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
    7. Bahasa Jawa :

    • Menunjukkan nama benda karya manusia
    • Menunjukkan nama benda ciptaan Tuhan.
    • Menyebutkan kegunaan benda.
    • Menyebutkan fungsi anggota tubuh.
I. Tujuan Pembelajaran :
  • Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
  • Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah..
  • Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat..
  • Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
  • Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama yang diakui di Indonesia.
  • Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
  • Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
  • Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
  • Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
  • Siswa dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
  • Siswa dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
  • Siswa dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
  • Siswa dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
  • Siswa dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin huruf, gambar, dan kalimat.
  • Siswa dapat menentukan sumber bunyi
  • Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
  • Siswa membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
  • Siswa dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
  • Siswa dapat menyebutkan kegunaan benda.
  • Siswa dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh.
II.     Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
  • Peristiwa masa kecil
  • Hidup rukun dalam perbedaan.
  • Oprasi hitung bilangan.
  • Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
  • Pelafalan bunyi bahasa
  • Kalimat sapaan
  • Membaca kata dan kalimat.
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
  • Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
  • Gambar barang budaya/ alami.
III.    Metoda Pembelajaran :

  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.    Kegiatan awal :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B.     Kegiatan inti :
    Minggu I
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Mengamati model/ gambar makanan sehat, menyebutkan jenis makanan yang dapat
    menyehatkan tubuh.
  • Mengelompokkan jenis makanan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
  • Menyebutkan jenis air yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Mengamati lingkungan sekitar untuk mendiskusikan pentingnya air, pakaian, udara,
    dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
    • Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
    • Menyebutkan nama agama yang sesuai dengan tempat ibadah yang ditunjuk
    • Menceritakan kegiatan keagamaan yang pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
    • Mendiskusikan kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia.
    • Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
    • Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Melalui pendengaran yang cermat menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
  • Menirukan susra yang didengar, dan menyebutkan jenis suara yang didengar.
  • Menirukan susra binatang, kendaraan, dan suara alam.
  • Mendengarkan penjelasan guru tentang peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil bisa diceritakan kembali kepada orang lain, sebagai pengalaman.
  • Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari orang tua atau orang lain
        kepada temannya atau gurunya.
  • Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman orang lain.
  • Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kalimat
        matematika secara lisan.
  • Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui pengalaman dan pengamatan dapat membedakan suara buatan dan suara alami.
  • Menyebutkan suara –suara alami yang pernah didengar
  • Menyebutkan suara-suara buatan yang pernah didengar
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
  • Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menciptakan jenis suara yang baru.
  • Bermain bunyi , membuat kelompok , setiapa kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami yang pernag didengar.
  • Mencari hasil penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
  • Membuat kalimat matematika melalui pengamatan lingkungan kelas.
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Melalui pengamatan lingkunga sekitar, siswa menyebutkan benda hasil karya manusia.
  • Melalui pengamatan dan pengalaman, siswa menyebutkan ciptaan Tuhan.
  • Mengelompokkan benda hasil karya manusia dan ciptaan Tuhan dengan cara mengerjakan Lembar Kerja.
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
  • Melakukan pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul ( - ) dan ( = )
  • Melalui penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa teman dengan cara yang baik dan bahasa yang santun.
  • Menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Mendengarkan penjelasan guru tentang sumber bunyi.
  • Melakukan gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik menggunakan alat sederhan maupun menggunakan anggota tubuh.
  • Melalui pengamatan dan pengalaman siswa mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu bunyi alam dan bunyi buatan.
  • Menjelaskan bunyi alam adalah bunyi yang dihasilkan oleh alam, contohnya suara air mengalir, angin bertiup, suara guntur , suara ombak dll.
  • Menjelaskan bunyi buatan yaitu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia, contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara,bertepuk, memetik jari.
  • Memeragakan menyapa oarng tua, guru dan orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun dan cara yang baik secara individual.
  • Mengajukan pendapat atas peragaan temannya untuk perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
Minggu ke 2
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui percobaan tentang air di lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air yang dapat menyehtkan dan tidak menyehatkan.
  • Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak sehat.
  • Melalui diskusi sederhana siswa menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada kesehatan manusia.
  • Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di Indonesia.
  • Melalui Lembar Kerja siswa mencari informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
  • Menyelesaikan soal latihan untuk penjumlahan.
  • Mengerjakan soal penjumlahan di papan tulis.
  • Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Dengan bantuan guru siswa menyusun naskah percakapan sapaan yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang santun.
  • Memperagakan naskah percapan sapaan tersebut di depan kelas.
  • Melalui penjelasan guru sebagai motivasi, siswa dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar , dan menceritakan peristiwa/ pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
  • Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
  • Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Mengamati kartu huruf
    a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l yang diperlihatkanguru.
  • Melalui penggunaan kartu huruf , siswa dapat menyusun kata sederhana.
  • Membaca susunan kartu huruf tersebut dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
  • Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat sederhana.
  • Membaca kalimat tersebut dengan suara nyaring dan pelafalan yang benar.
  • Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
  • Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
    Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata atau gambar dengan posisi duduk dan pemegangan alat tulis yang benar.
  • Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan sampai dengan 20
    • Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
    • Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Setelah menyebutkan benda-benda ciptaan manusia dan ciptaan Tuhan, siswa menjelaskan kegunaan setiap benda hasil karya manusia ( meja, korsi, peso, bedog, dll )
  • Melalui pengamatan, pengalaman dan penjelasan guru, siswa menjelaskan fungsi anggota tubuh ( sirah paranti nyuhun, panon paranti ningal, dll)
  • Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
  • Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
  • Mengamati bentuk huruf dari papan tulis, lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas.
  • Menuliskan kata yang dibentuk dari huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
  • Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di papan tulis ke dalam buku tulis sendiri.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
  • Membedakan keras dan pelan suatu bunyi ( dinamik).
  • Menuliskan kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata yang didiktekan guru.
  • Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
  • Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan tegak bersambung.
C.    Kegiatan akhir
  • Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
  • Mengerjakan post tes
  • Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
    • Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
    • Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
    • Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
    • Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
      • Alat Peraga :
    • Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
    • Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
    • Kartu huruf
    • Kartu bilangan.
    • Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
    • rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
    • Sampel air bersih dan tidak bersih.
VI.     Penilaian
Teknik Tes :
  • Tes lisan.
  1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
  2. Ketepatan jawaban.
  3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
  • Tes tertulis
    • pilihan ganda
    • isian.
  • Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
  1. Objektif tes
  2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
  • LKS
  • Lmbar observasi.
    Mengetahui,      ....................., ............... 2009
Kepala Sekolah                  Guru Mata Pelajaran Tematik

 
_______________________          _______________________
NIP.                              NIP.

 

Tidak ada komentar: