Rabu, 19 Mei 2010

Pengetahuan Dasar Komputer

Pada masa sekarang ini, orang sudah tidak asing lagi mendengar istilah komputer. Bahkan di kalangan orang-orang yang ekonominya sudah mapan, anak-anaknya pun sudah dapat menggunakan komputer. Jika demikian apakah sebenarnya komputer itu?

    Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Proses kerja computer biasanya terdiri atas, unit masukan (input), unit pemprosesan, unit keluaran, (output), dan unit penyimpanan.

    Jika kamu seorang pengguna computer, maka kamu akan berhubungan dengan hal-hal berikut ini:
a. Manusia atau pengguna (user)

    Pelaksanaan fungsi computer yang memadahi dalam proses data, memerlukan manusia-manusia yang mempunyai keahlian yang memadai, karena bagaimanapun juga komputer hanyalah merupakan alat bagi manajement untuk mencapai tujan dan sasaran, sedangkan pelaksana utamanya adalah manusia.


 

b. Perangkat lunak atau program (software)

    Perangkat luinak atau program adalah atauran atau perintah yang member tahu computer mengenai kerjaan yang harus dilakukan. Fungsi perangkat lunak adalah untuk menjalankan computer mengikuti perintah si pengguna. Tanpa perangkat lunak computer tidak dapat berfungsi, dan tidak dapat dioperasikan.


 

c. Perangkat keras (hardware)

    Perangkat keras merupakan system computer yang terdiri atas CPU , monitor, dan keyboard, sedangkan printer (pencetak), mouse, CD rom, scanner adalah perangkat keras tambahan. Manusia sebagai pengguna adalah bagian yang paling enting karena jika tanpa pengguna maka computer tidak dapat beroperasi.


 

Tidak ada komentar: