Selasa, 18 Mei 2010

Contoh RPP menggunakan Model Pembelajaran Cooperative type Teams Games Tournament

RENCANA PELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : IPA-Biologi

Kelas/Semester : II/2

Bahan Kajian : Sistem Hormon

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM

Siswa mampu mengkomunikasikan fungsi hormon hewan dan manusia

II. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

1. Melakukan reviu terhadap seluruh materi sistem hormon yang telah dipelajari pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, sebagai persiapanmengakhiri bahan kajian ini (persiapan ulangan harian).

2. Melatih keterampilan sosial siswa seperti:

a. Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan.

b. Menjadi pendengar yang aktif.

c. Menghargai berbagai perbedaan antar individu.

III. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran koopertif tipe TGT (Teams-Games-Tournament).

IV. SUMBER PEMBELAJARAN

Rekap soal games dan kunci jawaban.

V. ALAT DAN BAHAN

1. Papan permainan: "Destinasi" dan peraturan permainan

2. Dadu

3. Gelas plastik

4. push pin (paku tindis)

5. kartu warna-warni (kuning, merah, biru)

6. Papan skor

7. Spidol

8. Stopwatch

VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Pendahuluan (± 10 menit)

1. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Meminta beberapa siswa untuk membantu menempelkan media pembelajaran: papan "Destinasi" dan papan skor di papan tulis.

3. Memotivasi siswa dengan menjelaskan bahwa skor yang diperoleh pada games dan tournament, baik skor individu maupun skor kelompok adalah salah satu komponen penilaian yang penting.

B. Inti ((± 70 menit)

1. Menyajikan informasi tentang aturan games dan tournament, baik secara lisan maupun dengan demonstrasi.

2. Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan kooperatifnya masingmasing.

3. Membantu siswa membentuk kelompok (teams), sehingga transisi ini berjalan secara efisien.

4. Memulai games dan tournament.

5. Membimbing siswa apabila mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan, sambil melatihkan keterampilan-keterampilan kooperatif:menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan; menjadi pendengar yang aktif; dan menghargai berbagai perbedaan antar individu.

6. Mengakhiri games dan tournament.

C. Penutup ((± 10 menit).

1. Bersama-sama siswa melakukan evaluasi/refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan baik dari sisi materi pembelajaran yang direviu pada games dan tournament; maupun dari sisi keterampilan kooperatif yang sedang dilatihkan oleh guru.

2. Memberikan penghargaan kepada usaha-usaha yang telah dilakukan kelompok (teams), maupun usaha-usaha individu dalam bentuk komentar yang sifatnya positif.

3. Memberikan tugas baca untuk menghadapi ulangan harian.

Tidak ada komentar: