Selasa, 17 Agustus 2010

RPP Tematik Kelas 1 sem 1 Lingkungan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Lingkungan
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu

 
Standar Kompetensi :
1. IPS     : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.    
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN     : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
  • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
    dilisankan.
  • Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
  • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
  • Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
  • Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.
  • Bahasa Jawa : Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman) permintaan ijin, perkenalan ( ngawanohken ) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar berita.
Kompetensi Dasar :

    1. IPS :
  • Menceritakan pengalaman.
2. IPA :
  • Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3. PKN :
  • Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
  • Membedakan bunyi bahasa.
  • Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
  • Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
  • Seni Budaya dan Keterampilan :
    • Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
  • Bahasa Jawa :
    • Menyebutkan berbagai jenis gambar benda
Indikator :

  • IPS :
  • Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
  • Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
  • Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar.
  • IPA :
  • Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
  • Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
tumbuh sehat.
  • Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
    untuk tumbuh sehat.
  • PKN :
  • Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya
  • Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
  • Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
  • Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.
  • Matematika :
  • Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam
    kalimat sehari-hari.
  • Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
    sampai 20
  • Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
  • Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
  • Bahasa Indonesia :
  • .Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.
  • Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
  • Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua
    dengan bahasa dan cara yang santun.
  • Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
    kalimat sederhana
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
  • Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan
    benar.
  • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
    dan menyalinnya pada buku sendiri..
  • Seni Budaya dan Keterampilan. :
  • Menentukan sumber bunyi.
  • Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
  • Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
  • Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
    7. Bahasa Jawa :

    • Menunjukkan nama benda karya manusia
    • Menunjukkan nama benda ciptaan Tuhan.
    • Menyebutkan kegunaan benda.
    • Menyebutkan fungsi anggota tubuh.
I. Tujuan Pembelajaran :
  • Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
  • Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah..
  • Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat..
  • Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
  • Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama yang diakui di Indonesia.
  • Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
  • Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
  • Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
  • Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
  • Siswa dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
  • Siswa dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
  • Siswa dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
  • Siswa dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
  • Siswa dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin huruf, gambar, dan kalimat.
  • Siswa dapat menentukan sumber bunyi
  • Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
  • Siswa membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
  • Siswa dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
  • Siswa dapat menyebutkan kegunaan benda.
  • Siswa dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh.
II.     Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
  • Peristiwa masa kecil
  • Hidup rukun dalam perbedaan.
  • Oprasi hitung bilangan.
  • Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
  • Pelafalan bunyi bahasa
  • Kalimat sapaan
  • Membaca kata dan kalimat.
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
  • Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
  • Gambar barang budaya/ alami.
III.    Metoda Pembelajaran :

  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.    Kegiatan awal :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B.     Kegiatan inti :
    Minggu I
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Mengamati model/ gambar makanan sehat, menyebutkan jenis makanan yang dapat
    menyehatkan tubuh.
  • Mengelompokkan jenis makanan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
  • Menyebutkan jenis air yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Mengamati lingkungan sekitar untuk mendiskusikan pentingnya air, pakaian, udara,
    dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
    • Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
    • Menyebutkan nama agama yang sesuai dengan tempat ibadah yang ditunjuk
    • Menceritakan kegiatan keagamaan yang pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
    • Mendiskusikan kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia.
    • Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
    • Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Melalui pendengaran yang cermat menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
  • Menirukan susra yang didengar, dan menyebutkan jenis suara yang didengar.
  • Menirukan susra binatang, kendaraan, dan suara alam.
  • Mendengarkan penjelasan guru tentang peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil bisa diceritakan kembali kepada orang lain, sebagai pengalaman.
  • Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari orang tua atau orang lain
        kepada temannya atau gurunya.
  • Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman orang lain.
  • Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kalimat
        matematika secara lisan.
  • Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui pengalaman dan pengamatan dapat membedakan suara buatan dan suara alami.
  • Menyebutkan suara –suara alami yang pernah didengar
  • Menyebutkan suara-suara buatan yang pernah didengar
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
  • Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menciptakan jenis suara yang baru.
  • Bermain bunyi , membuat kelompok , setiapa kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami yang pernag didengar.
  • Mencari hasil penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
  • Membuat kalimat matematika melalui pengamatan lingkungan kelas.
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Melalui pengamatan lingkunga sekitar, siswa menyebutkan benda hasil karya manusia.
  • Melalui pengamatan dan pengalaman, siswa menyebutkan ciptaan Tuhan.
  • Mengelompokkan benda hasil karya manusia dan ciptaan Tuhan dengan cara mengerjakan Lembar Kerja.
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
  • Melakukan pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul ( - ) dan ( = )
  • Melalui penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa teman dengan cara yang baik dan bahasa yang santun.
  • Menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Mendengarkan penjelasan guru tentang sumber bunyi.
  • Melakukan gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik menggunakan alat sederhan maupun menggunakan anggota tubuh.
  • Melalui pengamatan dan pengalaman siswa mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu bunyi alam dan bunyi buatan.
  • Menjelaskan bunyi alam adalah bunyi yang dihasilkan oleh alam, contohnya suara air mengalir, angin bertiup, suara guntur , suara ombak dll.
  • Menjelaskan bunyi buatan yaitu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia, contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara,bertepuk, memetik jari.
  • Memeragakan menyapa oarng tua, guru dan orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun dan cara yang baik secara individual.
  • Mengajukan pendapat atas peragaan temannya untuk perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
Minggu ke 2
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui percobaan tentang air di lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air yang dapat menyehtkan dan tidak menyehatkan.
  • Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak sehat.
  • Melalui diskusi sederhana siswa menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada kesehatan manusia.
  • Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di Indonesia.
  • Melalui Lembar Kerja siswa mencari informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
  • Menyelesaikan soal latihan untuk penjumlahan.
  • Mengerjakan soal penjumlahan di papan tulis.
  • Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Dengan bantuan guru siswa menyusun naskah percakapan sapaan yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang santun.
  • Memperagakan naskah percapan sapaan tersebut di depan kelas.
  • Melalui penjelasan guru sebagai motivasi, siswa dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar , dan menceritakan peristiwa/ pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
  • Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
  • Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Mengamati kartu huruf
    a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l yang diperlihatkanguru.
  • Melalui penggunaan kartu huruf , siswa dapat menyusun kata sederhana.
  • Membaca susunan kartu huruf tersebut dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
  • Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat sederhana.
  • Membaca kalimat tersebut dengan suara nyaring dan pelafalan yang benar.
  • Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
  • Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
    Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata atau gambar dengan posisi duduk dan pemegangan alat tulis yang benar.
  • Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan sampai dengan 20
    • Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
    • Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Setelah menyebutkan benda-benda ciptaan manusia dan ciptaan Tuhan, siswa menjelaskan kegunaan setiap benda hasil karya manusia ( meja, korsi, peso, bedog, dll )
  • Melalui pengamatan, pengalaman dan penjelasan guru, siswa menjelaskan fungsi anggota tubuh ( sirah paranti nyuhun, panon paranti ningal, dll)
  • Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
  • Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
  • Mengamati bentuk huruf dari papan tulis, lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas.
  • Menuliskan kata yang dibentuk dari huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
  • Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di papan tulis ke dalam buku tulis sendiri.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
  • Membedakan keras dan pelan suatu bunyi ( dinamik).
  • Menuliskan kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata yang didiktekan guru.
  • Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
  • Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan tegak bersambung.
C.    Kegiatan akhir
  • Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
  • Mengerjakan post tes
  • Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
    • Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
    • Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
    • Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
    • Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
      • Alat Peraga :
    • Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
    • Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
    • Kartu huruf
    • Kartu bilangan.
    • Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
    • rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
    • Sampel air bersih dan tidak bersih.
VI.     Penilaian
Teknik Tes :
  • Tes lisan.
  1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
  2. Ketepatan jawaban.
  3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
  • Tes tertulis
    • pilihan ganda
    • isian.
  • Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
  1. Objektif tes
  2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
  • LKS
  • Lmbar observasi.
    Mengetahui,      ....................., ............... 2009
Kepala Sekolah                  Guru Mata Pelajaran Tematik

 
_______________________          _______________________
NIP.                              NIP.

 

RPP Tematik Kelas 1 sem 1 Keluarga


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Keluarga
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

 
Standar Kompetensi :
1. IPS     : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.    
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN     : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
  • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
    dilisankan.
  • Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
  • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
  • Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
  • Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.
  • Basa Jawa : Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis ( teka) berupa kata-kata lpas, kalimat lepas, serta wacana pendek
Kompetensi Dasar :

    1. IPS :
  • Menceritaan pengalaman
    2. IPA :
  • Membiasakan hidup sehat.
3. PKN :
  • Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
  • Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
  • Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
    5. Bahasa Indonesia :
  • Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
  • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
  • Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang
        santun.
  • Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan
    kalimat sendiri
  • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
    • Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis
      dengan benar.
  • Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
    • Seni Budaya dan Keterampilan :
      • Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
    • Basa Jawa :
      • Membaca kata –kata lepas yang mengandung kata asal dwisuku ( dua enggang )
Indikator :
  • IPS :
    • Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
    • Menceritakan tentang teman main di rumah.
    • Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan
  • IPA:
    • Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
    • Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang .
    • Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
      teratur agar tubuh sehat dan kuat.
    • Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan,
      memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )
  • PKN :
    • Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
    • Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
    • Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.
  • Matematika :
    • Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
    • Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
    • Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
    • Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.
  • Bahasa Indonesia :
    • Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
    • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
    • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
    • Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
    • Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa cara yang santun
    • Bercerita berdasarkan gambar.
    • Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
    • Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
    • Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
    • Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
    • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    • Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
    • Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
    • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
    • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
  • Seni Budaya dan Keterampilan. :
    • Menentukan sumber bunyi.
    • Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
    • Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
    • Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7. Basa Jawa :
  • Mengucapkan kata-kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang ) dan menggunakan vokal e`. e, dan eu konsonan yang sama.
  • Mengucapkan kata-kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang ) dan menggunakan vokal e`. e, dan eu konsonan yang berbeda.
  • Mengucapkan kata-kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
  • Mengucapkan kata-kata asal yang menggunakan fonem rangkap : ng dan ny
I.     Tujuan Pembelajaran :
  • Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
  • Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
  • Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
  • Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
  • Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
  • Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
  • Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
  • Siswa dapat mengenal konsep waktu.
  • Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
  • Siswa dapat menceritakan isi serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
  • Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
  • Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
  • Siswa dapat mendeskripsikan benda.
  • Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
  • Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
  • Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
  • Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya.
  • Siswa dapat membaca kata0kata lepas yang mengandung dwisuku.
II.     Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
  • Peristiwa masa kecil
  • Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
  • Hidup rukun dalam perbedaan.
  • Oprasi hitung bilangan.
  • Satuan pengukuran.
  • Kalimat perintah
  • Kalimat sapaan
  • Deskripsi benda-benda di sekitar.
  • Membaca nyaring.
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
  • Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.
  • Maca kecap.
III.    Metoda Pembelajaran :
  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.    Kegiatan awal :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B.     Kegiatan inti
:

    Minggu I
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat.
  • Menjelaskan alasan mencuci tangan, dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.
  • Memeragakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor.
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada di Indonesia.
  • Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
  • Menyebutkan 5 suku terbesar yang diketahui siswa
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal penjumlahan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Dengan menyimak petunjuk dan perintah guru, siswa dapat mendemontrasikan sesuatu perintah atau pemintaan dengan baik.
  • Perintah dan permintaan terdiri dari kalimat perintah yang diucapkan guru.
  • Melalui cerita guru sebagai motivasi, siswa diingatkan kembali pada peristiwa ketika sekolah di Taman Kanak-kanak.
  • Menyebutkan nama guru dan beberapa teman di Taman Kanak-kanak.
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan selama di taman Kanak-kanak.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal penjumlahan jumlah soal 5
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melakukan menyimak dongeng yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri.
    • Mengemukakan pendapat tentang perilaku tokoh pada dongeng tersebut.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal penjumlahan. Jumlah soal 10 soal
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melalui cerita dongeng yang dibaca kembali oleh guru, siswa menjawab pertanyaan tentang isi dan tokoh dalam dongeng.
  • Memperagakan tokoh dalam dongeng dengan ekspresi yang baik.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal penjumlahan jumlah soal 15..
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Mengucapkan kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal e`, e, dan eu dengankonsonan yang sama.
  • Memilih kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
  • Membacadengan suara nyaring tiap kata.
  • Menuliskannya di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal pengurangan , jumlah soal 5 butir.
  • Melalui penjelasan guru, siswa menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
  • Mengucapkan kalimat sapaan tanpa din\bimbing guru, dengan lafal dan intonasi yang benar.
  • Membentuk kelompok untuk peragaan kalimat sapaan.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui motivasi dan arahan guru, siswa melakukan gerakan yang menghasilkan bunyi.
  • Mengelompokkan sumber bunyi, terdiri dari bunyi buatan dan bunyi alami.
  • Memperagakan bunyi buatan.
  • Tiap kelompok memperagakan percakapan yang menggunkan kalimat sapaan di depan teman-temannya.
  • Peragaan dilakukan tanpa teks agar ekspresinya lebih baik.
Minggu ke 2

    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
  • Melalui diskusi sederhana yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
  • Memeriksa kuku temannya, menganjurkan pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang.
  • Melalui contoh dan pengalaman siswa, dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari tiap suku bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
  • Mengerjakan LKS tentang nama teman yang berbeda suku.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal pengurangan jumlah soal 10 butir..
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Memperhatikan gambar yang ditampilkan di depan kelas.
  • Siswa memberikan pendapatnya tentang gambar, lalu diarahkan oleh guru tentang cerita dalam gambar tersebut.
  • Mendengarkan cerita guru tentang pasa buah-buahan.
  • Menjawab pertanyaan tentang cerita yang disampaikan guru.
  • Melalui cerita yang bersifat mengingatkan , siswa dapat menceritakan teman dan suasan bermain di rumah.
  • Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman di rumah.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal pengurangan jumlah soal sampai 15 butir..
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Memperhatikan gambar buah-buahan yang ditempel di papan tulis.
  • Siswa dimotivasi untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah-buahan yang di tempel di papan tulis tersebut.
  • Setelah memberikan deskripsi tentang buah-buahan tersebut, siswa menempelkan gambar buah pada kelompok yang ditentukan,
  • Pengelompokan berdasarkan pada warna dan rasa.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan jumlah soal 10 butir.
    Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Mengingatkan kembali huruf yang telah dipelajari melalui kartu huruf, suku kata , kata dan kalimat.
  • Mengenalkan huruf t sebagai tambahan huruf-huruf yang sudah dipelajari.
  • Menyusun kartu huruf agar membentuk suku kata , kata dan kalimat yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari.
  • Membaca tiap kata, dan kalimat dengan suara nyaring dengan cara individual dan klasikal.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Melalui demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Jawa, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Mengucapkan kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal e`, e, dan eu dengan konsonan yang berbeda.
  • Memilih kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
  • Membacadengan suara nyaring tiap kata.
  • Menuliskannya di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Melalui demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
  • Membaca berulang-ulang kata dan kalimat yang tertulis di papan tulis.
  • Membaca dengan suara nyaring tiap kata dan kalimat secara individual.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Membedakan bunyi yang pelan, bunyi yang keras.
  • Memperagakan bunyi yang keras dan bunyi yang pelan
  • Menjelaskan arti dinamik.
  • Membaca kata dan kalimat yang tertera di buku sumber dengan suara nyaring secara individual dan klasikal.
  • Bermain kartu huruf, sekelompok membacanya dan kelompok lain menyusunnya.
Minggu ke 3
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui diskusi sederhana, siswa dapat menyebutkan keuntungan berolah raga.
  • Menyebutkan jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh siswa.
  • Menyebutkan kerugian bila tidak berolah raga.
  • Melalui kemampuan membaca dan latihan, siswa dapat melafalkan semboyan bhineka tunggal ika.
  • Melalui pencarian informasi siswa dapat menyebutkan arti dari semboyan bhineka tunggal ika.
  • Mengambil kesimpulan dari semboyan bhineka tunggal ika, bahwa walau indonesia berbeda suku, adat istiadat, bahasa, namun tetap satu negara kesatuan Indonesia, tetap bahasa pemersatunya bahasa Indonesia, dan satu tanah air yaitu Indonesia.
  • Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
  • Melalui demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Membaca beberapa kalimat sedrhana yang tergabung menjadi tek s pendek dengan intonasi dan lafal yang tepat.
  • Membaca teks pendek yang membentuk cerita atau kalimat berita.
  • Membaca dengan suara nyaring dengan cara individual dan klasikal.
  • Melalui cerita guru untuk mengingatkan kembali, siswa dapat menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan pada saat masih kecil.
  • Menceritakannya pada teman di kelas.
  • Membuat kesimpulan bahwa cerita yang berkesan menjadi pengalaman yang berharga yang tidak dapat diulang pada masa yang akan datang.
  • Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari-hari
  • Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
  • Menyebutkan kegiatan yang dilakukan lama.
  • Menyebutkan kegiatan yang dilakukan sebentar.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf lepas yang benar.
  • Menuliskan kata dan kalimat yang ditulis guru di papan tulis dengan tulisan huruf lepas.
  • Menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
  • Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari-hari
  • Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
  • Membandingkan kegiatan yang dilakukan lama dengan kegiatan yang dilakuna sebentar.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis ke dalam buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
  • Menyalin kalimat ke dalam tulisan tegak bersambung.
  • Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari-hari
  • Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
  • Mengerjakan LKS yang berisi gambar-gambar kegiatan yang dilakukan sebentar dan lama
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Mengucapkan kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal e`, e, dan eu dengan konsonan berbeda..
  • Memilih kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
  • Membacadengan suara nyaring tiap kata.
    • Menuliskannya di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut
  • Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari-hari
  • Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
  • Menyimpulkan konsep lama dan sebentar sebagai awal dari konsep jam, hari, dan bulan.
    • Mengamati gambar alat tulis yang diperlihatkan guru,
  • Melengkapi kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna.
  • Membaca kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Menyalin kalimat tersebut ke dalam tulisan huruf lepas yang baik.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Memperhatikan contoh bunyi lemah dan bunyi yang keras.
  • Menyebutkan contoh yang lain dari bunyi yang lemah dan bunyi yang keras.
  • Menjelaskan istilah kresendo dan dekresendo
    • Mengamati gambar alat pertanian yang diperlihatkan guru,
  • Melengkapi kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna.
  • Membaca kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Menyalin kalimat tersebut ke dalam tulisan huruf lepas yang baik.
C.    Kegiatan akhir
  • Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
  • Mengerjakan post tes
  • Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
    • Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
    • Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
    • Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
    • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
    • Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.

     
  • Alat Peraga :
    • Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
    • Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
    • Kartu huruf
    • Kartu bilangan.
    • Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
    • rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
    • Sampel air bersih dan tidak bersih.
VI.     Penilaian
Teknik Tes :
  • Tes lisan.
  1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
  2. Ketepatan jawaban.
  3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
  • Tes tertulis
    • pilihan ganda
    • isian.
  • Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
  1. Objektif tes
  2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
  • LKS
  • Lmbar observasi.
    Mengetahui,      ....................., ............... 2009
Kepala Sekolah                  Guru Mata Pelajaran Tematik

 

 

 
_______________________          _______________________
NIP.                              NIP.

RPP Tematik Kelas 1 sem 1 Kegemaran


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran (6)
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu

 
Standar Kompetensi :
1. IPS     : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.    
2. IPA : Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda
3. PKN     : Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
  • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
  • Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
  • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
  • Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
  • Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari
Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.
  • Basa Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar bercerita.
Kompetensi Dasar :
    1. IPS :
  • Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
  • Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
  • Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.
    3. PKN :
  • Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
    4. Matematika :

    • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
    • Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan kerucut )
    • Bahasa Indonesia :
      • Membedakan bunyi bahasa.
      • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
      • Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
      • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat.
      • Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
      • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
      • Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
      • Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
    • Seni Budaya dan Keterampilan :
      • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan
     tinggi rendah.
  • Bahasa Jawa :
    • Menulis atau menyalin huruf lepas
    • Menulis kata dwisuku
Indikator :
  • IPS :
    • Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
    • Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
  • IPA :
    • Merawat tanaman atau hewan peliharaan
    • Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
    • Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
  • PKN :
    • Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
    • Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
    • Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib
  • Matematika :
    • Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
    • Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.
    • Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
  • Bahasa Indonesia :
    • Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
    • Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
    • Menjelaskan cara permainan dilakukan.
    • Bercerita berdasarkan gambar
    • Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
    • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
    • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    • Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
    • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
    • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
    • Membuat kalimat berdasarkan gambar.
    • Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
  • Seni Budaya dan Keterampilan. :
    • Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
    • Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan
7. Bahasa Jawa :
  • Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
  • Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan.
  • Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung.
  • Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
  • Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
I.     Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun.
  • Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
  • Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
  • Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya.
  • Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
  • Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
  • Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
  • Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
  • Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
  • Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
  • Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
  • Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
  • Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
  • Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
  • Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
  • Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
  • Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
  • Siswa dapat menulis vokal e, e` dan eu yang digabung dengan konsonan yang sama maupun yang berbeda.
  • Siswa dapat menuliskan kata yang dibangun dari dua suku kata. ( kecap dwisusku)
II.     Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
  • Peristiwa masa kecil
  • Hidup rukun dalam perbedaan.
  • Oprasi hitung bilangan.
  • Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
  • Pelafalan bunyi bahasa
  • Kalimat sapaan
  • Membaca kata dan kalimat.
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
  • Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
  • Gambar barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran :
  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.    Kegiatan awal :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B.     Kegiatan inti :
    Minggu ke 1
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menjelaskan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menyebutkan manfaat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
  • Melalui penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua di rumah.
  • Menyebutkan beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
  • Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
  • Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal pengukuran dengan satuan tak baku.
  • Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku jengkal.
  • Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Melalui penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan menerima pesan yang disampaikan guru.
  • Menyimak pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
  • Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
  • Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan pengalaman tentang hidup rukun.
  • Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
  • Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
  • Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
  • Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
  • Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
  • Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
  • Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
  • Menjelaskan cara permainan dilakukan.
  • Bercerita berdasarkan gambar
  • Mengukur benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
  • Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
  • Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
  • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
  • Mengukur benda dengan satuan tak baku hasta.
  • Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
  • Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan yang berbeda..
  • Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung
  • Melakukan pengukuran benda/ tempat dengan menggunakan satuan tak baku depa.
  • Mencatatnya dengan cermat sebagai bahan laporan.
  • Memperhatikan bentuk huruf yang akan dipelajari.( w,c,s )
  • Menjiplak berbagai bentuk huruf, terutama huruf yang sedang dipelajari.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan alat musik perkusi.
  • Menyebutkan alat musik perkusi yang dapat mengiringi tarian.
  • Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi
  • Meeragakan gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
Minggu ke 2
    Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
  • Melalui pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta tentang sifat benda, bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran benda berbeda ada yang kecil dan besar
  • Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau dan permukaan benda.
  • Melaporkan hasil diskusi.
Menjelaskan manfaat mematuhi peraturan di sekolah.
  • Menjelaskan akibat dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
  • Menyebutkan contoh lain dari tata tertib ( tata tertib di jalan raya)
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan telapak kaki.
  • Mencatat hasil perbandingan.
    Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
  • Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
  • Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
  • Melalui pengalaman siswa menyebutkan contoh dari hidup rukun dan tidak rukun.
  • Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
  • Mendiskusikan sikap yang baik agar terjaga kerukunan.
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan depa.
  • Mencatat hasil perbandingan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
  • Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan langkah
  • Mencatat hasil perbandingan
    Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
  • Mengamati gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang ada di dalam majalah.
  • Menceritakan isi cerita di balik gambar.
  • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan hasta.
  • Mencatat hasil perbandingan
    Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
  • Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
  • Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
  • Mengukur satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
  • Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan hastal dan depa.
  • Mencatat hasil perbandingan
  • Menyusun perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
  • Menemukan fakta cara mana yang lebih mudah dan sering digunakan.
  • Membuat kesimpulan tentang pengukuran dengan menggunakan satuan tak baku.
  • Memperhatikan gambar yang diambil dari majalah anak-anak
  • Menceritakan secara sederhana cerita dalam gambar.
  • Membuat kalimat berdasarkan gambar
    Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
  • Melalui latihan dan memeragakan siswa dapat memilih gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
  • Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
    • Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan intonasi dan lafal yang baik.
    • Membacakan puisi yang ditulis di papan tulis.
    • Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
C.    Kegiatan akhir
  • Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
  • Mengerjakan post tes
  • Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
  • Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
  • Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
  • Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
  • Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
  • Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga :
  1. tambang, tali, pita, lidi,
  2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
  3. Kartu huruf
  4. Kartu bilangan.
  1. Penilaian
Teknik Tes :
  • Tes lisan.
  1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
  2. Ketepatan jawaban.
  3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
  • Tes tertulis
    • pilihan ganda
    • isian.
  • Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
  1. Objektif tes
  2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
  • LKS
  • Lmbar observasi.
    Mengetahui,      ......................, ............... 2009
Kepala Sekolah                  Guru Mata Pelajaran Tematik

 
_______________________          _______________________
NIP.                              NIP.